BUKU SAKU UJIAN NASIONAL 2016

Perubahan-Sistem-dan-Soal-UN-Di-Tahun-20161

Satu lagi terobosan Kementrian Pendidikan Nasional dan Kebudayaan dalam hal pelaksanaan Ujian Nasional. Mas Anies Baswedan sungguh sadar betul bahwa Ujian Nasional selama ini telah menjadi momok hampir bagi seluruh lapisan masyarakat baik yang terkait langsung maupun tidak langsung dalam dunia pendidikan.

Berangkat dari kesadaran ini, nampak sangat jelas beberapa kebijakan yang dikeluarkan Kementrian yang dipimpinnya ini berusaha mengeluarkan Ujian Nasional dari kesan menyeramkan. Tahun lalu masih ingat dalam benak kita semua, beliau menyampaikan bahwa UN haruslah menyenangkan.

Tahun ini pun ada sebuah terobosan lainnya. Betapa tidak, Prosedur Operasional Standar sebagai acuan penyelenggaran Ujian Nasional berhasi di rilis pada December 2015 yang lalu. Ini merupakan sebuah capaian yang sangat baik mengingat selama ini POS UN sering kali di rilis pada bulan Februari hingga Maret.Akibatnya adalah pelaksanaan UN seringkali terkesan kurang persiapan.

Dengan diterbitkannya POS UN yang lebih cepat, pihak-pihak yang terkait dalam pelaksanaan UN memiliki waktu yang cukup untuk menghadapi UN. Mulai dari siswa, para orang tua / wali, sekolah, dinas terkait hingga Pemerintah Daerah langsung berbenah menghadapi momen nasional yang digunakan untuk mengukur tingkat pendidikan di daerahnya.

Tak cukup sampai disini saja, beberapa waktu yang lalu Kementrian Pendidikan Nasional dan Kebudayaan kembali merilis sebuah buku saku panduan mengikuti Ujian Nasional 2016 pada April dan Mei mendatang. Buku ini berisi kumpulan tanya jawab tentang pelaksanaan Ujian Nasional. Mulai dari tujuan pelaksanaan hingga sanksi terhadap pelanggaran UN lengkap dibahas dalam buku ini.

Buku ini sendiri sebenarnya tidak hanya diperuntukan bagi siswa selaku peserta UN melainkan bagi seluruh komponen masyarakat utamanya yang terkait secara langsung dalam pelaksanaan UN. Selain sebagai media sosialisasi pelaksanaan UN, lebih dari itu buku ini sebenarnya ingin mewujudkan UN yang berkualitas yang mencakup tak hanya sebagai alat ukur pencapaian kompetensi lulusan peserta didik pada jenjang pendidikan dasar dan menengah tetapi juga untuk mewujudkan UN yang dapat dipercaya (credible), dapat diterima (acceptable), dan dapat dipertanggunggugatkan (accountable).

Jika anda adalah siswa yang akan mengikuti UN pada 2016 ini, hendaknya baik-baik petunjuk penting terkai

t pelaksanaan UN kali ini.

Fullscreen capture 1162016 115203 PM Fullscreen capture 1162016 115224 PM Fullscreen capture 1162016 115240 PM Fullscreen capture 1162016 115426 PM

untuk lebih lengkapnya silahkan anda download di sini

About historysubject

Let's Get To Learn History

Posted on January 16, 2016, in Education. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: