SIAP – SIAP UN TITIP LAGI?

ujian nasional 2016

Ya, siap – siap bagi Sekolah yang minim siswa tapi mau menjadi Sekolah Penyelenggara UN tahun 2016 ini. Pasalnya persyaratan untuk menjadi sekolah penyelenggara Ujian Nasional pada tahun ini tidak berbeda jauh dengan yang di isyaratkan dalam POS UN tahun lalu.

Pada Peraturan BSNP No. 0034/P/BSNP/XII/2015 Tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan UJIAN NASIONAL Tahun Pelajaran 2015/2016 ini, ada beberapa persyaratan yang harus diperhatikan oleh sekolah bilamana ingin menjadi Sekolah Penyelenggara.

Terkait Sekolah Penyelenggara Ujian Nasional, dalam beberapa tahun terakhir memang mengundang polemik utamanya terkait jumlah peserta UN pada satuan pendidikan. Polemik ini pun kian kusut manakala tercium adanya dugaan penetapaan sekolah penyelenggara UN yang berasaskan suka tak suka.

Fullscreen capture 12312015 123003 AM

Fakta ini tak bisa dipungkiri karena memang terkadang Dunia Pendidikan tak bisa dilepaskan dari pengaruh Politik dan unsur lainnya. Akreditasi sebagai satu-satu standar mutu yang ditetapkan oleh Pemerintah seakan tidak cukup kuat untuk mendukung pantas tidaknya sebuah sekolah menjadi penyelenggara Ujian Nasional.

Kini, status terakdretiasi sebuah sekolah masih belum cukup karena kelayakan satuan pendidikan ada di tangan Dinas Pendidikan terkait sesuai dengan kewenangannya. Akreditasi bukanlah sarana penilaian kelayakan.

Pada POS UN 2016 Bagian E. tentang Panitia UN Tingkat Satuan Pendidikan di Point 3 Butir b. dituliskan bahwa: “Sekolah/madrasah yang terakreditasi dan memiliki peserta kurang dari 20 orang dapat menjadi pelaksana UN Tingkat Satuan Pendidikan dengan pertimbangan kelayakan dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota atau Dinas Pendidikan Provinsi sesuai dengan kewenangannya”.

Bunyi bagian ini sebenarnya tidak jauh berbeda bahkan hampir sama persis dengan POS UN 2015. Karena pasal atau bagian inilah banyak sekolah yang harus bergabung dengan sekolah lainnya dalam menyelenggarakan UN. Fakta membuktikan sebuah sekolah ternama Di Kota Kupang – NTT pada pelaksanaan UN tahun lalu harus pasrah pasalnya, kendati mereka memiliki status Akredtasi A, namun oleh Dinas Pendidikan kota setempat dinyatakan bergabung dengan sekolah lain.

Merujuk pada fakta di atas, bukan tidak mungkin hal serupa akan terulang kembali. Sebenarnya, jika kita kaji lebih dalam tentang persyaratan itu tentunya akan sangat mudah dipahami. Sekolah yang Terakreditasi – apalagi nilainya A, dan siswa peserta UN nya kurang dari 20 dapat menyelenggarakan UN jika dianggap layak menyelenggarakan UN oleh Dinas Pendidikan terkait.

Pada bagian ini sangat rentan sebuah sekolah “Dikriminalisasi” untuk tidak menyelenggarakan Ujian Nasional. Kelayakan sebuah sekolah harusnya mengacu pada Standar Nasional Pendidikan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Permendiknas No.19 Tahun 2005 jelas telah menetapkan Akreditasi sebagai penilaian kelayakan sebuah satuan pendidikan berdasarkan pada 8 kriteria. Berdasar pada Permen ini apabila sebuah sekolah mendapat nilai Akreditasi A, maka akan sangat miris dan aneh apabila Dinas Pendidikan terkait menentukan sekolah dimaksud tidak layak menyelenggarakan UN oleh karena jumlah siswa yang minim atau karena penilaian tak objektif lainnya.

Untuk itu, denga dikeluarkannya POS UN yang lebih awal ini, baik kiranya sekolah yang minim siswa namun telah terakreditasi untuk mempersiapkan diri dan merapatkan barisan berkoordinasi bersama menentang oknum yang berusaha untuk menghilangkan kesempatan menjadi Sekolah Penyelenggara UN. Jika memang telah terakreditasi, pertanyaannya adalah standar apalagi yang lebih tinggi dari Permendiknas No. 19 tahun 2005 untuk menentukan kelayakan sebuah sekolah menyelenggarakan Ujian Nasional 2016.

Bila ingin mendownload POS UN 2016 click di sini.

About historysubject

Let's Get To Learn History

Posted on December 30, 2015, in Education. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: