JADWAL UN 2016

ujian nasional 2016

Pelaksanaan UN tahun ini harus diacungi dua Jempol. Pasalnya baru kali ini Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Nasional semua tingkat satuan pendidikan pada akhir Semester I. Pada tahun ajaran 2015 / 2016 ini, Badan Standar Nasional Pendidikan telah mengeluarkan Peraturan No. 0034-POS-UN-TP-2015-2016 tangal 22 Desember 2016.

Ini merupakan awal yang sangat baik terkait pelaksanaan Ujian Nasional. Selama ini, pelaksanaan Ujian Nasional diwarnai dengan berbagai kisruh. Masih teringat pastinya kisruh pelaksanaan UN 2013 – 2014 manakala banyak Daerah yang harus mengundur pelaksanaan UN karena keterlambatan pencetakan dan Distribusi Soal Ujian Nasional.

Kisruh pelaksanaan UN di masa lalu sangat sering terjadi hingga masyarakat Indonesia menilai kinerja Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan kala itu tidak profesional. Bukan hanya kesan tak baik, berbagai dugaan Korupsi dan Mafia UN pun diduga berakar kuat di kementrian ini.

Kemunculan Mas Anis Baswedan selaku Nahkoda baru Kementrian Pendidikan Nasional dan Kebudayaan di era Jokowi ini seolah membawa angin segar. Tak menunggu waktu yang lama, perubahan pun langsung mewarnai Kementrian ini.

Terkait pelaksanaan UN di setiap tingkatan Satuan Pendidikan tidak lagi menjadi sebuah momen yang menakutkan. Di waktu yang lalu, UN layaknya sebuah hajatan yang menakutkan. Generasi bangsa ini yang terdiri dari para Pelajar harus bertekun dalam Doa yang khusuk hingga melakukan ritus yang tak sejalan dengan semangat pendidikan itu sendiri.

Tak hanya para pelajar, para orang tua pun merasakan tekanan yang sama. Berbagai usaha pun dilakukan hingga harus menempuh cara – cara yang tak Etis. Tak sedikit dari kalangan ini yang rela membeli Kunci yang katanya adalah Jawaban UN dengan harga yang fantastis.

Lebih parahnya lagi sekolah sebagai tempat penanaman nilai – nilai kejujuran pun melakukan tindakan tak etis. Para Guru bahkan memfasilitasi para pelajar yang mengikuti UN ini dengan membagikan Kunci Jawaban UN. Ini bukanlah sebuah rahasia yang harus di tutupi.

Menyadari akan luluhnya nilai – nilai luhur bangsa yang tercinta ini, Kemdikbud mengeluarkan POS Ujian Nasional. Fantastis memang dari sisi waktu peluncuran karena ini belum menginjak tahun 2016. Semoga saja setiap pihak yang terkait dengan pelaksanaan UN menyiapkan diri sedari jauh hari agar mampu menghilangkan tradisi lama UN.

Dengan dikeluarkannya POS UN yang salah satu bagiannya berisikan Jadwal Ujian Nasional 2016 ini, publik dan semua yang terkait khususnya pihak sekolah dapat lebih mempersiapkan diri. Berikut adalah Jadwal pelaksanaan UN 2016

Fullscreen capture 12302015 60926 PM Fullscreen capture 12302015 60949 PM

Untuk jadwal lengkapnya silahkan di Unduh POS UN di sini

About historysubject

Let's Get To Learn History

Posted on December 30, 2015, in Education. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: